Tinggalkan komentar

kopi paste

Copy dan paste menarik, menggelitik dan bikin penarasan; mungkin itulah beberapa kalimat yang tepat untuk artikel lama ini yang ditulis oleh: Anjari umarjianto dalam forum: dunia anjari
pada: December 17 th, 2008 @ 9 :15 AM
judul: Ngeblog (kok) Copy Paste!
Kategori: tips blog
URL: http://anjari.blogdetik.com/2008/12/17/ngeblog-kok-copy-paste/
Selasa, 24 /05 /2011
Login
Star | Hot | Posting Terbaru
» BLOGdetik
Anjari umarjianto
dunia anjari
December 17 th, 2008 @ 9 :15 AM
Ngeblog (kok) Copy Paste!
Kategori: tips blog

Sedang asyik-asyiknya nyapu < maklum opis boi >, tiba-tiba ada PM masuk. Dengan icon muka sedih, Anny mengatakan kalau puisinya di copy paste dengan tanpa izin. Anny menunjukkan puisi yang dia posting dan sempat menjadi blog pilihan , bersamaan dengan blog yang diduga melakukan copy paste tersebut. Seperti lagaknya Densus 88, aku langsung meluncur ke TKP, melakukan penyisiran dengan cermat dan duaaaarrrrr!. Ternyata benar, puisi dalam kedua blog itu sama persis. Mau bukti lihat saja sendiri, bandingkan puisi Berpisah untuk erat antara yang disini dan disitu .
Dia mengadu, berkeluh kesah atau tepatnya bertanya, boleh tidak copy paste dalam ngeblog. Sebelum aku menjawabnya aku bertanya pada D’Blogger yang aktif menulis ini, apakah benar itu postingan ini benar-benar hasil fikiran dan kreativitasnya. Anny dengan percaya diri tinggi mengiyakan itu. Aku kemudian mengatakan apa yang akan dirasakan atau dilakukannya ketika tahu tulisannya di copy paste. Dia hanya mengaku kecewa tapi tidak akan melakukan apapun termasuk menegurnya. Hmm… memang Anny D’Blogger yang bijak Menurutku, copy paste baik seluruh atau sebagian artikel/postingan D’Blogger lain itu diperbolehkan. Tetapi etikanya harus seizin atau sepengetahuan pemiliknya. Apalagi bagi D’Blogger pemula, ecek-ecek seperti aku ini, kadang masih sulit menemukan ide, gagasan dan bahan postingan. Sebetulnya banyak yang berseliweran dan bergentayangan di fikiran tetapi rasanya mampet ketika mau dituangkan dalam sebuah tulisan. Nah, jalan satu-satunya adalah dengan copy paste artikel lain!
Copy paste bisa dilakukan dengan pula menunjukan link atau referensinya kepada blog sumbernya. Ini dilakukan untuk menghargai tulisan orang lain. Disamping itu si peng-Copy Paste bisa menunjukan sumber tulisan tersebut. Lagi pula jika terjadi masalah atau kasus hukum terhadap tulisan itu, si peng- copy paste agak sedikit terhindar karena artikel tersebut bukan hasil karyanya. Copy paste juga dilarang tanpa seizin atau sepengetahuan pemilik aslinya jika dikomersialkan. Kasihan kan, sudah lelah menuangkan ide, gagasan dan tulisan kemudian oleh orang lain dikomersialkan.
Ngeblog sebetulnya mengajarkan kepada D’Blogger terhadap budaya membaca dan menulis. Untuk menghasilkan tulisan yang punya taste dan berkualitas tentu dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan hanya bisa didapat jika membaca, melihat dan mendengar. Pengalaman diperoleh jika D’Blogger rajin menulis atau ngeblog. Proses belajar ngeblog boleh saja dengan copy paste, tetapi harus izin, sepengetahuan pemilik atau melakukan link dengan menunjukkan regerensinya.
Sebetulnya tidak sulit untuk bisa ngeblog dengan taste , ngeblog dengan gaya dan hasil karya sendiri, beberapa tips yang bisa dilakukan diantaranya :
Tidak usah muluk-muluk. Mulailah ngeblog dengan yang ringan-ringan saja. Jangan terbebani untuk menjadi blog yang terkenal atau menjadi blog pilihan. Atau terpana oleh postingan blog-blog profesional dan yang sudah mahir. Tidak usah memasang target yang D’Blogger sendiri sulit mencapainya;
Mulailah dari perasaanmu. Iya, menulislah apa yang kau rasakan. Misalnya saja D’Blogger hari ini sedang mampet, buntet atau budeg sehingga tak ada ide yang bisa dituliskan. Nah itulah bahan postingan bagus, tuliskan saja kalau hari ini lagi mampet karena sedang stress di marah- marahin bos, dikejar-kejar tagihan kartu kredit, diputus pacar, dsb.
Biasakan menulis secara rutin. Belajarlah menulis itu terjadwal, jangan karena mood. Kalau menulis karena berdasarkan selera, mood atau keinginan belaka percaya deh, tidak akan menjadi blogger yang punya taste. Karena pada dasarkan manusia itu maunya makan enak, tidur nyenyak dan duit banyak Misalnya saja menulis 2 hari sekali, 3 hari sekali tapi jangan sampai 1 bulan sekali Kalau kebetulan sehari bisa menghasilkan 2 artikel atau lebih, jangan langsung diposting semua. Tabunglah artikel itu, untuk diposting lain hari Oke deh itu dulu, nanti tipsnya disambung lagi. Keep blogging, ngeblog dengan taste
Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini
Apakah anda menyukai tulisan ini ?
64 Komentar

Wednesday, 17 /12 /2008

anny

Thanks Mas, mau dengarin keluh kesahku memang mas arie adalah sahabat blogger sekaligus kakak blogger yang baik dan mampu mengayomi kita sbg blogger.
Kalau mau menulis jangan sampai mood keburu menguap, langsung tuangkan saja. [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

andivan

Ok, good tips Oom Eyang.. [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

enalt

mending kopi susu aja deh daripada copy paste,bikin malu aje.Be your self dong..
hormat saya buat abang,..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

julie

siapa itu berani2nya mengcopy paste karya temanku anny
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

winmit

abis tinggal CRTL+ C dan CRTL+V aja sih
ya, tetapi harus pake etika sih [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

kw

kopipaste memang tabu bagi penulis. namun aku akan maklum, mungkin yang ngopi itu belum tau aja etikanya. tapi kalau untuk tujuan komersial ga bisa.
seperti mas ari bilang, kopi paste itu boleh aja asal menyebutkan sumber dan seijin yg punya.
sayang, blm pernaha da tuh yang kopi paste postinganku. kalau pun ada, ga apa-apa. aku akan bikin postingan yang lebih bagus lagi hehhe
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

eeta

Waktu pertama aku juga suka minder baca blog yg top abis.. Klo sekarang pede aja lg.. Meski blm ‘identitas’ blog nya he..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

depz

emang payah tuh yg bisanya cuma copas,
setuju bos, mending klo dia nunjukin sourcenya
lah ini (gw dah cek TKP nya), tryta polos2 aja alias g naruh asal tuh puisi
yahhh…mdh2an tipsnya dibaca sm yg laen
hargai kreatifitas org laen, ya ga bos?
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

troy

wah terimakasih sharingnya kak…. sangant berguna terutama buat saya juga yang lagi belajar hhee…. salam
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

dheminto

wah…waktu masih di blogspot punya saya pernah dicopy juga mas. ketika iseng browser lewat google, e… yang muncul malah punya’ dia (di blogdetik). punya’ saya malah nggak muncul.
hikmahnya saya terus bikin blog di blogdetik ini mas..
copy paste emang enak kali ya…
mungkin lebih enak dari kopi susu lo..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

aturtoto

iya nih.. kalo nulis kalo lagi mood ajah.. trims tipsnya mas..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

oedien

dengan ngeblog bisa meransang otak untuk lebih kreatif.. dengan menangkap segala hal yang sedang terjadi untuk di terjemahkan secara reflek dalam untaian tulisan… yang natinya pada suatu titik bisa membawa keuntungan..mungkin bisa menjadi pengamat yang pandai mengolah kata ataupun diplomat yang pandai ngeles… weh.. ngarep.. untuk bisa pada titik tersebut memang harus sering di asah.. dan yakinlah tidak yang mustahil “everything is possible”
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

acepentura

Kasus Copas ini sebetulnya sering terjadi. Kasus ini sebaiknya disikapi positif aja. Karya kita yang dicopas orang entah sengaja atau tidak, berarti karya kita menarik. Semakin banyak orang copas semakin luas karya kita tersebar dan dilihat orang serta akan menggiring kita untuk membuat karya yang lebih bagus lagi.
Jadi gak usah sedih dengan karya kita yang di copas orang, ini juga berarti kalo kita bisa bermanfaat buat orang lain.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

windrey

copy paste2…. seandainya anak juga bs dibwt bgitu.. hehe..
nice tips nech mas arie,… hehe
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

easy

aku nulis apa aja yang terlintas [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

ruanghati

sabar ya anny..
positifnya si dia itu menyukai puisimu. Tapi mungkin dia “lupa” minta ijin dan “lupa” mecantumkan sumber asal.
Itu memang puisi yg indah.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

sandalilang

setuju bro, memang copypaste boleh saja dalam ngeblog. Tetapi etika dasar seperti minta ijin dan mencantumkan source asli tetap harus dijalankan…
thanks juga untuk tipsnya !!
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

yudhiapr

ngeblog dengan taste ajah…
easy going, easy writing. [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Murid

@Windrey….hati – hati lho dengan ucapan nov Capuccino, please
Asal menyebutkan sumber dan nama tidak apa2 sih
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

yans

wah laporin ke Roy suryo,…
biar dilihat dan dicek,..yang mana yang asli..hee..hee
yans
http://yans.blogdetik.com

[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

lischantik

Copy paste saat ngeblog? Lilis sering dengar hal tsb emang sulit sich membrantasnya coz ada orang yang ga mau mikir maunya ngambil ide orang lain. Seingat lilis klo lilis mo copy paste ide or postingan orang biasax lilis tulis sumberx.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

maureen80

mana eyyaaanng..?? kita HAJAR aja tuw orang.. Gebukkin rame2… horeee….!!!
copas bole aja, asal minta izin ato minimal cantumin link awal yang di copas.
ck ck ck… anak baru udah kurang sopan santun niy…
eeeyyaaannnggg….. ikuuuuuttt…..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Mada Suzamar

Untung belum pernah jadi blog pilihan nih, jadi ga ada yang copy paste. Halah!
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Professor Chaos aka Greenapple2008

aha,aku kl nulis kl lagi mood aja itu pun moodnya yg ga jelas,tapi aku tetap ada taste ya kok,enak aja!tapi taste nya kurang dasyat emang,hehe
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Lex dePraxis

Ngeblog yang copy paste ngga masalah, asal kasih tau itu konten punya siapa dan kasih link orisinal.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

ariyulianto

wuah, kupas, kupi ama pastel , enak tuh, soory oot, dari sisi ilmiah, kupas bukan masalah, bahkan sebuah karya ilmiah harus merujuk pada beberapa pendapat dari pihak lain agar kesimpulan yang didapat sahih adanya, masalah orisinalitas hanya ada pada gaya penulisan, saya pernah menulis bahwa tidak ada yang baru di dunia ini, so silahkan kupas asal tidak melanggar rambu, hanya saja rambunya tolong diperjelas apa yang boleh dan apa yang tidak boleh
[ RWednesday, 17 /12 /2008

idana

copy paste sich aku suka tapi kalo untuk ngeblog atau ditampilin lagi di blog memalukan kali…..ya walaupun aku masih bau kencur tapi tau etikalah..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Aria

totally agree with u “eyang”
(new comer mode : still on!)
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

ilma

wih aku dah ke TKP..ga banget ah..masih perawan gitu blognya..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

H@rt

Sepakat. Biar jelek dan ga ‘bermutu’, yang penting tulisan original kita sendiri. Ya Nggak, OM.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

deliastrawberry

setujuh…makasih tips nya ya omm. manggil om aza deh ahh,secara ni mas anjari ni rajanya bLog,atau sekalian manggil oppung aza yah, secara org yang sering kasih tips itu kan Oppung anjari..hormat oppung [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

penyuuuuuuuu

Menulis itu gampang-gampang susah. Gue aja yang udah dua tahun ini kerjaan sehari-hari nulis tetep gak pinter-pinter huehehhehehehe (emang aslinya aja yang oon). Tapi hukum dasar menulis adalah:
“Write what you know”. Oke friends!
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Budi Hermanto

Wew..
Sebuah pengingat..
Thx ya mas..
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

fandhie

klo copy paste komentar gimana? boleh ga :))
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

sigsig

copas…???? hmmm.., sbenernya gpp jg seh..,tapi dalam tanda petik..lho..!!, selama artikel itu bermanfaat..entah itu tips or trik yang mempermudah kerjaan n aktivitas kita,tul ga seh?? [salah yaa..??] mohon di koreksi ma master2..yang mbaurekso di sini hehe..[emang JIN..,just kidding..loh..], gud luck dah bwt bloger detik semua n hargailah ide orang lain…
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

lion80

wahhhh pada bahas apa nihhh
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

Johan Firdaus

Wah gak setuju sama pendapatnya pak sigsig, soalnya saya ini termasuk korban kopas. Artikel saya yang Tips trick maen mafia wars di kopi dan di akuin sama orang. Terus beberapa artike saya yang lain juga di kopi.
Kan sakit hati tuh, cape cape bikin terus diakuin buatan orang lain. Apa lagi artikel saya yang tentang 000webhost , itukan product affliate, saya yang cape, eh yang ngopi enak banget dapet duit dari artikel buatan saya. Sakit hatikan rasanya.
Tapi kalo ada izin lain lagi. Terus saya rasa kalo kopi jangan all artikel, dan pastiin kita kasih tau link asal kopian kita itu, jadi minimal blog yang buat bisa dapet traffic dari pembaca blog kita. Biar sama sama untung gituuu.
Ok gitu aja curhat dari saya. Salam damaii n salam kenal buat yang punya blog + rekan rekan pembaca setianya.
hehehehe
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

decidenotdecide

kebetulan saya lagi belajar jadi blogger copy paste.. bosen sih buat tulisan sendiri hehehe *sombong mode is on klo masalah tulisan saya di copas… dah sering.. mpe yang laporin justru kawan2 blogger jg.. saya malah ngasih comment di blog yg ngopy tulisan saya: “wah bagus banget tulisannya… pasti yang nulis ganteng, berbudi pekerti, hemat pankal kaya, rajin menolong nenek2 nyebrang, ga pernah nitip absen klo jumatan”.. yah pokoknya malah jadi ajang narsis muji2 tulisan saya sendiri hehe.. tanpa memberi tahu: “eh itu tulisan gw lho”..
untung saya ga pernah(sebenernya lebih kepada tidak bisa) nulis kreatif seperti cerpen, puisi dan prosa.. krn tulisan saya motivasi yang saya contek dari omongan motivator2.. bila ternyata dicontek lg ma orang lain.. berarti alhamdulillah.. tulisan saya berguna.. [ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

eronian

tulisan bagus mas. sangat berguna bagi saya yang lagi belajar nulis di blog. tengkyu.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /12 /2008

asepmuslim

berguna banget tips nya..apalg buatku yg msh “perjaka blog” nya..jgn dibilang TBC (Telat Banget cihh) ya…thanks..
[ Reply ]
Thursday, 18 /12 /2008

sampah

aku pendukung kopi paste, terimalah keadaan itu, karena seingetku waktu sekolah dulu, kegiattan ini paling jamak dilakukan saat ujian, un pun guru yg jadi pura2 acuh sama kegiatan ini, trus jika sudah jadi budaya, kok para blogger gak bolehin kopi paste? hayooooo sapa yang waktu sekolahnya gak pernah kopi paste, paling gak sempet ngeblog, karena sibuk dengan urusan non bloging [ Reply ]
Thursday, 18 /12
kompor hitan: “menurutku copas itu bagi22 ilmu… krn klo menurutku klo ada blogger yg men copas tulisan blogger lain itu artinya tulisannya / ilmu dari blog tersebut memang mengandung ilmu… ato memang dibuthkan oleh bloger yang melakukan copas.. dan jng lupa apa sech ruginya bagi2 ilmu… ato krn sifat dasar orang dikita pelit bagi ilmu ? emang klo mati blognya dibawa ke akhiat getoo ???
cyber crime kah copasz ?
Sebagaimana di dunia nyata, internet sebagai dunia maya juga banyak mengundang tangan-tangan kriminal dalam beraksi, baik untuk mencari keuntungan materi maupun sekedar untuk melampiaskan keisengan. Hal ini memunculkan fenomena khas yang sering disebut cybercrime (kejahatan di dunia cyber). Dalam lingkup cybercrime, kita sering menemui istilah hacker.
Penggunaan istilah ini dalam konteks cybercrime sebenarnya kurang tepat. Istilah hacker biasanya mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral. Adapun mereka yang sering melakukan aksi-aksi perusakan di internet lazimnya disebut sebagai cracker (terjemahan bebas: pembobol). Boleh dibilang para craker ini sebenarnya adalah hacker yang memanfaatkan kemampuannya untuk hal-hal yang negatif. Aktifitas cracking di internet memiliki lingkup yang sangat luas, mulai dari pembajakan account milik orang lain, pembajakan situs web, probing, menyebarkan virus hingga pelumpuhan target sasaran. Tindakan yang terakhir disebut ini dikenal sebagai DoS (Denial of Services). Dibandingkan modus lain, DoS termasuk yang paling berbahaya karena tidak hanya sekedar melakukan pencurian maupun perusakan terhadap data pada sistem milik orang lain, tetapi juga merusak dan melumpuhkan sebuah sistem. Salah satu aktifitas cracking yang paling dikenal adalah pembajakan sebuah situs web dan kemudian mengganti tampilan halaman mukanya. Tindakan ini biasa dikenal dengan istilah deface. Motif tindakan ini bermacam-macam, mulai dari sekedar iseng menguji “kesaktian” ilmu yang dimiliki, persaingan bisnis, hingga motif politik. Kadang-kadang, ada juga cracker yang melakukan hal ini semata-mata untuk menunjukkan kelemahan suatu sistem kepada administrator yang mengelolanya.
Aktifitas destruktif lain yang bisa dikatagorikan sebagai cybercrime adalah penyebaran virus (worm) melalui internet. Kita tentu masih ingat dengan kasus virus Melissa atau I Love You yang cukup mengganggu pengguna email bebereapa tahun lalu. Umumnya tidakan ini bermotifkan iseng. Ada kemungkinan pelaku memiliki bakat “psikopat” yang memiliki kebanggaan apabila berhasil melakukan tindakan yang membuat banyak orang merasa terganggu atyau tidak aman.
Cybercrime atau Bukan?
Tidak semua cybercrime dapat langsung dikatagorikan sebagai kejahatan dalam artian yang sesungguhnya. Ada pula jenis kejahatan yang masuk dalam “wilayah abu-abu”. Salah satunya adalah probing atau portscanning. Ini adalah sebutan untuk semacam tindakan pengintaian terhadap sistem milik orang lain dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari sistem yang diintai, termasuk sistem operasi yang digunakan, port-port yang ada, baik yang terbuka maupun tertutup, dan sebagainya. Kalau dianalogikan, kegiatan ini mirip dengan maling yang melakukan survey terlebih dahulu terhadap sasaran yang dituju. Di titik ini pelakunya tidak melakukan tindakan apapun terhadap sistem yang diintainya, namun data yang ia dapatkan akan sangat bermanfaat untuk melakukan aksi sesungguhnya yang mungkin destruktif.
Juga termasuk kedalam “wilayah abu-abu” ini adalah kejahatan yang berhubungan dengan nama domain di internet. Banyak orang yang melakukan semacam kegiatan “percaloan” pada nama domain dengan membeli domain yang mirip dengan merek dagang atau nama perusahaan tertentu dan kemudian menjualnya dengan harga tinggi kepada pemilik merk atau perusahaan yang bersangkutan. Kegiatan ini diistilahkan sebagai cybersquatting. kegiatan lain yang hampir mirip dikenal sebagai typosquatting, yaitu membuat nama domain “pelesetan” dari domain yang sudah populer. Para pelaku typosquatting berharap dapat mengeduk keuntungan dari pengunjung yang tersasar ke situsnya karena salah mengetik nama domain yang dituju pada browsernya.
Selain tindak kejahatan yang membutuhkan kemampuan teknis yang memadai, ada juga kejahatan yang menggunakan internet hanya sebagai sarana. Tindak kejahatan semacam ini tidak layak digolongkan sebagai cybercrime, melainkan murni kriminal. Contoh kejahatan semacam ini adalah carding, yaitu pencurian nomor kartu kredit milik orang lain untuk digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Juga pemanfaatan media internet (webserver, mailing list) untuk menyebarkan material bajakan. Pengiriman email anonim yang berisi promosi (spamming) juga dapat dimasukkan dalam contoh kejahatan yang menggunakan internet sebagai sarana. Di beberapa negara maju, para pelaku spamming (yang diistilahkan sebagai spammer) dapat dituntut dengan tuduhan pelanggaran privasi.
Jenis-jenis cybercrime maupun kejahatan yang menggunakan internet sebagai sarana ditengarai akan makin bertambah dari waktu ke waktu, tidak hanya dari segi jumlah maupun kualitas, tetapi juga modusnya. Di beberapa negara maju dimana internet sudah sangat memasyarakat, telah dikembangkan undang-undang khusus yang mengatur tentang cybercrime. UU tersebut, yang disebut sebagai Cyberlaw, biasanya memuat regulasi- regulasi yang harus dipatuhi oleh para pengguna internet di negara bersangkutan, lengkap dengan perangkat hukum dan sanksi bagi para pelanggarnya. Namun demikian, tidak mudah untuk bisa menjerat secara hukum pelaku cybercrime. Tidak seperti internet yang tidak mengenal batasan negara, maka penerapan cyberlaw masih terkendala oleh batasan yurisdiksi. Padahal, seorang pelaku tidak perlu berada di wilayah hukum negara bersangkutan untuk melakukan aksinya. Sebagai contoh, bagaimana cara untuk menuntut seorang hacker, katakanlah berkebangsaan Portugal, yang membobol sebuah situs Indonesia yang servernya ada di Amerika Serikat, sementara sang hacker sendiri melakukan aksinya dari Australia. Lantas, perangkat hukum negara mana yang harus digunakan untuk menjeratnya? Belum lagi adanya banyaknya “wilayah abu-abu” yang sulit dikatagorikan apakah sebagai kejahatan atau bukan, membuat Cyberlaw masih belum dapat diterapkan dengan efektifitas yang maksimal”.
[ Reply ]
Wednesday, 17 /06 /2009

Lia

Saya suka dengan gaya tulisan dalam blog anda mas, santai dan lain. Memang jika tulisan blog di copas berarti secara tidak langsung telah diakui bahwa isi blog tersebut bermanfaat.
oh iya buat temen-temen yang suka dengan artikel bisnis online. artikel-artikel di blognya bapak Joko Susilo bagus untuk dijadikan referensi lho
[ Reply ]
Monday, 14 /09 /2009

Dunia Anjari » Blog Archive » 10 alasan ngeblog

[…] orang untuk melakukan apa yang ada dalam pesan tulisan itu. dan untuk mencapai itu tentu ngeblognya mestinya tidak copy paste dari blog lain. tapi intinya, dengan ngeblog itu menjadi media belajar menulis bagi saya. dengan […]
Monday, 18 /10 /2010

Dasril Iteza

hal itu udah biasa gan….. saya juga pernah punya pengalaman blog saya di COPAS tuntas….. yg lebig parah, tidak menyertakan linkback lagi…. hehehhe
salam kenal
[ Reply ]
Monday, 14 /03 /2011

rara4me

copas untuk blog buat apa?
ngeblogkan digunakan untuk melepaskan uneg-uneg untuk curhat atau untuk berlatih menulis, karena itu apabila tujuannya untuk itu kenapa mesti membuat blog copas?
kecuali untuk hal lain
[ Reply ]
Thursday, 24 /03 /2011

Rosadtea

heu heu heu jadi malu, Menarik artikelnya mas. Maju terussss.
[ Reply ]
Kirim komentar anda:
Name:

Email*:

Website:

Anti-spam word: (Required) *
To prove you’re a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Komentar:

Notify me of follow-up comments via e-mail
*) Email tidak ditampilkan

« Back | Next »

Halaman
dblogger
inspirasi negeri
manifesto
tips ngeblog

Komunitas
Blog , Forum

Sponsored Links
Penuh Sensualitas di Hp kamu! Mau?

Ke Atas

Home
© 2011 detikcom , All Rights Reserved.

Selesai…. Hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: