Tinggalkan komentar

x-plore

Kayaknya catatan ini gak asik dan kurang menarik, tapi saya niat dah mau berbagi suatu cara doang apa salahnya khan? Bukan begitu? X-Plore yang saya maksud disini adalah sebuah aplikasi manager file buatan LCG (Lonely Chat Games) untuk ponsel symbian.

Kebanyakan aplikasi dari Lonely Cat Games(LCG) menggunakan file zip untuk system data nya, hanya saja dirubah ekstensinya ke bentuk file lain. kaya xxxx.mp3skin punya ultra mp3 sejatinya adalah xxxx.zip, Data.dta sejatinya adalah Data.zip.
Sebagai contoh saya coba test app x-plore
1 . Buka app x-plore, lalu cari filenya dulu di E://private/a0000bcd/explorer/data.dta untuk s60 v3 . Kalo s60 v1 &2 E://System/Apps/X-plore/Explorer/Data.dta
Copy file tersebut ke folder yang aman. Other misalnya.
2. Ganti nama(rename) file tsb ke bentuk zip menjadi Data.zip, lalu exstrak ke folder baru di other biar gampang(misal: folder A)
3. Jreng disitu ada beberapa folder(fonts,lang,shadow) dan beberapa file png.
4 . Dah tinggal ganti aja file2 png dengan yang kalian inginkan.
Logo.png misalnya untuk tampilan di menu about(tentang)
* ingat:ukuran, nama, & format gambar usahakan sama.
Untuk logo.png ukuran mungkin gak masalah
5 . Untuk bahasa cari file english.txt di folder LANG kemudian edit kata2nya sesukamu sesuai kebutuhan.
* ingat:jangan menambah jumlah baris dengan enter, karna akan merubah tata letak kata tsb
Ok misalnya bisa kamu ganti ya/yo/apa aja boleh
No ganti tidak/jangan/ojo/ulah/apa aja boleh
Search ganti cari/goleki/goleki/apa aja boleh
Dan laen2. Lalu simpan&kembali.
6 . Setelah selesai semua editing bungkus file2 di folder A tadi ke bentuk zip.
Caranya tandai semua file>zip>move to zip. Lalu kasih nama Data.dta
7 .copy file Data.dta yang anda buat ke folder ?:/private/a0000bcd/explorer untuk s60v3 dan atau E://System/Apps/X-plore/Explorer/Data.dta untuk s60v1 dan 2. Di over write saja.
Dah selesai. Restart aplikasi X-ploremu.
Untuk lcg jukebox, lcg photobook, lcg profi mail, smart movie dll cara editing sama saja(*.dta=*.zip)
——————————— –
Untuk jaga2 kalo gagal sebaiknya
siapkan app mentah X-Plore.
——————————— –

kegunaan lain adalah untuk mengedit aplikasi java yang ekstensi filenya *.jar ini gambaran dan cara mudahnya:
1 . Buka app x-plore, lalu cari filenya dulu di E://System/MIDlets/[xxx]/*.jar Copy file tersebut ke folder yang aman. Other misalnya.
2. Ganti nama(rename) file aplikasi tsb ke bentuk zip menjadi file.zip, lalu exstrak ke folder baru di other biar gampang(misal: folder A)
3. Jreng disitu ada folder META-INF terus di dalamnya ada file MANIFEST.MF tuh bisa kamu edit untuk merubah nama, versi maupun vendor aplikasi dll ya kayak semacam nota begitu. Diluar folder META-INF ada beberapa file class itu juga bisa kamu edit dengan menekan angka 8 lalu edit char [send] …tapi kamu ya harus super hati-hati pasalnya kamu hanya boleh mengganti satu demi satu huruf dan jangan gunakan insert mode (memasukkan huruf) karena ekstensi fike *.class itu gak kaya *.txt salah-salah nanti kalau filenya udah di pack jadi korup.
4 . Setelah selesai semua editing bungkus file2 di folder A tadi ke bentuk zip.
Caranya tandai semua file>zip>move to zip. Lalu kasih nama sesukamu.jar
5 . Instal file aplikasi.jar yang anda buat.
Dah selesai. Buka menu cari aplikasimu. Lalu buka korup pa gak?
Beberapa aplikasi yang pernah sukses saya edit adalah opera mini, mig33v3.5, mig33v4.2, age of empires 3, revival deluxe, pes 2009 aplikasi2 tersebut kebanyakan saya rubah menjadi bahasa ngapak. Untuk cara editing sama saja kayak di atas khan (*.jar=*.zip)
——————————— –
Untuk jaga2 kalo gagal sebaiknya
siapkan app .jar yang utuh. Saran:
kalau benar2 kamu ingin edit file jar dengan sempurna kamu bisa download python basic terus jarBOOM untuk jar-unjar, class editor untuk mengedit file class-class dan image designer untuk mengedi icon-icon.
——————————— –
kegunaan berikutnya adalah untuk mengedit aplikasi sis yang sudah kamu instal, gambaran mudahnya:
Buka folder E:/System/Apps/foldes/file-file audio atau suara baik midi maupun mp3, juga file-file gambar baik gif png jpg bmp dll juga file-file tulisan txt kayak readme.txt dll bisa kamu replace ganti sesukamu asalkan file penggantinya nama dan ekstensinya sama dan gak kelewat kegedean ukuran byte nya.
——————————— –
kegunaan terakhir yang saya tahu adalah untuk mengedit thema nokia java, yang ekstensinya *.nth gambaran mudahnya:
saya rasa kamu udah tau dan intinya (*.nth=*.zip)
——————————— –
Sekian dan terima kasih atas segala perhatian.

Pagi teman-teman, masih seputar aplikasi x-plore, iya nih emang gak ada bosen-bosennya aplikasi ini. Sekarang tentang tips dan tricknya ya…. Begini saja:
  1. jaga-jaga: untuk jaga-jaga sebaiknya kamu simpan file mentahan x-plore & kusarankan yg versi 1.52 ini lebih baik drpd X-plore v 1.53 yg kagak bisa preview audio file dgn hnya menekan tombol d ato angka 3. knpa msti jaga-jaga? yah yah krna aplikasi ini kalo udah error tdk bisa digunakan parahnya lg suka me-restrart ponsel ketika mau dibuka ato dijalankan.
  2. kirim file: untuk mengirim file cari dulu filenya lalu silahkan sorot file lalu tekan tombol call. Untuk mengirim file dlm jumlah banyak ato katakanlah 1folder umpaya, silahkan tandai file-filenya dolo
  3. menandai: untuk menandai semua tekan tombol pensil lalu geser tombol navigasi ke kanan, untuk buang tanda geser ke kiri. Untuk menandai atau buang tanda secara acak suka suka kamu ya silahkan tekan dan tahan tombol pensil lalu tekan tombol navigasi tengah pada file-file yg kamu pilah-pilih.
  4. 1: tombol 1 berguna untuk copy atau nyalin suatu file ato folder, truz paste ato tempelkan ke folder manapun kamu suka, pilih menu>select.
  5. 2: tombol angka 2 berguna untuk move atau mindah suatu file ato folder
  6. 3: tombol angka 3 berguna untuk preview file data juga bisa untuk dgrin audio file
  7. 4: tombol angka 4 adalah pintasan ke ‘KOTAK MASUK’ jika kamu dapat kiriman file dari perangkat lain.
  8. 5: tombol 5 berguna untuk lihat details, zoom ketika buka file gambar, pause ketika buka audio file dll.
  9. 6: tombol 6 berguna untuk liat atribute dan men99antinya nanti
  10. 7: tombol 7 berguna utk rename.
  11. 9: tombol angka 9 berguna untuk biki folder baru.
  12. bintang (*): tombol bintang berguna untuk loncat keatas ketika menyorot file dan nge-zoom 100% waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: